Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Indonesia Resmikan Pabrik Baru di Sulawesi

Kompas.com - 19/02/2014, 20:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN produsen semen, PT Semen Indonesia Tbk mulai mengoperasikan pabrik semen baru Tonasa V dan pembangkit listrik yang berkapasitas 2 x 35 MW PT Semen Tonasa, di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Peresmian pabrik dilakukan oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (19/2/2014). Tonasa V adalah pabrik semen terbaru berkapasitas 3 juta ton per tahun yang dimiliki Semen Tonasa.

Dilengkapi dengan pembangkit listrik 2 x 35 MW, investasi Semen Indonesia di Tonasa V mencapai Rp 3,5 triliun. Tambahan dari Tonasa V tersebut membuat kapasitas produksi Semen Tonasa menjadi kisaran 7 juta ton per tahun.

Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, mengatakan, peresmian Pabrik Tonasa V diharapkan bisa makin memperkuat posisi perseroan di industri semen nasional, yang saat ini menguasai pangsa pasar sekitar 44 persen.

”Ekspansi yang dilakukan Semen Tonasa membuat ekosistem bisnis perseroan semakin terbentuk kuat untuk menggaransi terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan. Penambahan kapasitas memang menjadi isu sentral untuk menjawab kebutuhan pasar di masa kini dan masa depan yang terus meningkat,” ujar Dwi Soetjipto dalam keterangan resminya.

Tahun 2014, total kapasitas produksi Semen Indonesia mencapai 31,8 juta ton. Semen Indonesia merupakan Holding Company dari PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com