Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Minta SBY Naikkan Harga BBM Saat Pertemuan di Bali

Kompas.com - 26/08/2014, 13:40 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan presiden terpilih Joko Widodo akan membicarakan masalah kenaikan bahan bakar minyak dalam perteumuan di Bali, Rabu (27/8/2014). Pasalnya, masalah kenaikan BBM dinilai sebagai suatu hal yang penting dan krusial bagi transisi pemerintahan.

"Namanya keduanya ini pemimpin kita, tentu Pak Jokowi akan membicarakan secara terbuka kepada Pak SBY soal permintaan kenaikan BBM ini," kata Wakil Sekretaris PDI-P Eriko Sotarduga di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/8/2014) siang.

Eriko menilai, subsidi BBM saat ini terlalu tinggi sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk program-program lainnya dalam pemerintahan Jokowi-JK mendatang. Padahal, lanjut dia, sudah banyak program yang dirancang Jokowi-JK, seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, yang membutuhkan dana tidak sedikit.

"Kalau pemerintahan saat ini bisa mengurangi subsidi BBM untuk menyesuaikan ke program-program lain, tentu akan lebih baik. Paling utama memang pembahasannya adalah soal subsidi BBM ini" ujarnya.

Sebelumnya, baik Jokowi maupun JK sudah secara terbuka menyatakan di media bahwa mereka menginginkan SBY segera menaikkan harga BBM sebelum masa jabatannya berakhir.

Namun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengaku, pemerintah belum melakukan pembahasan apa pun terkait pengurangan subsidi BBM ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com