Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Empat Perusahaan yang Akan IPO dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 17/07/2016, 08:20 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, sedikitnya dalam waktu dekat ini akan ada empat perusahaan yang mencatatkan saham perdananya atau initial public offering/IPO di BEI.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Anugerah Berkah Madani, PT Paramita Bangun Sarana, PT Waskita Beton Precast, dan  PT Aneka Gas Industri.

"Yang akan IPO ada 8, minggu depan ada 2 lagi. Sisanya masih ada 6 lagi, yang sudah mini expose 4," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat kepada wartawan, Minggu (17/7/2016).

Samsul menyebutkan, jumlah saham yang akan dilepas oleh keempat calon emiten tersebut yakni, PT Anugerah Berkah Madani akan melepas 5 miliar saham, PT Paramita Bangun Sarana melepas 3 miliar saham, PT Waskita Beton Precast melepas 10 miliar saham, dan PT Aneka Gas Industri melepas 766 juta saham.

Anugerah Berkah Mandiri telah menunjuk PT CIMB Securities Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, PT RHB OSK Securities sebagai underwriter (penjamin emisi) untuk memuluskan proses IPO di bursa.

PT Paramita Bangun Sarana memilih PT RHB OSK Securities Indonesia dan PT Sinarmas Securities sebagai underwriter. PT Waskita Beton Precast telah memilih underwriter PT Bahana Securities, PT BNI Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

Kemudian PT Aneka Gas Industri telah memilih PT Mandiri Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, dan PT RHB OSK Securities Indonesia sebagai underwriter.

Menurut Samsul, bursa masih optimistis target emiten sebanyak 35 perusahaan hingga akhir 2016 akan tercapai. Walaupun saat ini jumlah emiten yang telah melakukan IPO masih jauh dari target.

"Tetap 35 emiten, usaha terus, dengan kebijakan tax amnesty banyak perusahaan memanfaatkan momentum ini," ujar Samsul.

Kompas TV BEI Ajak Perusahaan untuk "Go Public"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com