Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Stabilitas Politik

Kompas.com - 05/05/2017, 16:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 5,01 persen pada kuartal I 2017. Angka tersebut masih sejalan dengan kisaran target yang dipatok oleh Bank Indonesia (BI), yakni 5 sampai 5,4 persen pada tahun ini.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara memandang secara keseluruhan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2017 sudah baik. Akan tetapi, ia juga menyoroti pentingnya stabilitas politik dalam mendukung kegiatan ekonomi.

"Aktivitas ekonomi bergantung pada stabilitas politik dan sosial," kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (5/5/2017). Oleh sebab itu, imbuh Mirza, dirinya berharap eforia demokrasi yang ada saat ini tidak mengganggu gairah investasi.

Pasalnya, investor yang menanamkan modalnya di Indonesia juga mempertimbangkan kondisi politik yang mendukung kegiatan perekonomian.

Selain stabilitas politik, hal lain yang perlu diperbaiki adalah kemudahan izin usaha. "Usaha kita bersama untuk mempermudah izin harus terus dilakukan. Tenaga kerja akan terserap bila kegiatan usaha meningkat," tutur Mirza.

Oleh sebab itu, Mirza menyatakan pentingnya upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mempermudah izin usaha terus dijalankan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com