Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga BBM Diumumkan Pukul 22.00-23.00 WIB

Kompas.com - 21/06/2013, 14:44 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan diumumkan pada Jumat (21/6/2013).

Dia tidak menyebutkan secara detail waktu pengumumannya. Namun, dari informasi yang beredar, kenaikan harga BBM bersubsidi akan diumumkan antara pukul 22.00-23.00 WIB.

"Akan diumumkan bersama malam ini, sebanyak-banyaknya menteri hadir. Tempatnya sedang dipikirkan di mana," kata Jero Wacik seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Menurut Jero, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menginstruksikan pengumuman kenaikan harga itu melalui Keputusan Presiden (Keppres).

"Biar jangan kesannya keputusan Menteri ESDM. Bukan itu. Tapi, karena sudah ada Keppres, urusan harga BBM diserahkan kepada Menteri ESDM," tambahnya.

Terkait dengan pengumuman kenaikan harga BBM itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sudah siap untuk ditransferkan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) sehari setelah pengumuman kenaikan harga BBM, yaitu pada Sabtu (22/6/2013) besok.

Menurut Armida, untuk tahap awal, BLSM siap diberikan untuk RTS di 14 kota besar di Indonesia. Sementara untuk Kota Bandung, BLSM diberikan pada hari Senin (24/6/2013) mendatang.

"BLSM sudah siap di hari Sabtu di 14 kota besar, minus Bandung ya. Bandung hari Senin ya," ujar Armida.

Ia menjelaskan bahwa BLSM tahap pertama diberikan hingga bulan Juli 2013. Sementara BLSM tahap II diberikan di 33 provinsi dan tahap III mencakup kabupaten atau kota.

"BLSM itu bertahap ya sampai Juli, 14 kota besar dulu. Yang berikutnya mencakup 33 provinsi pada tahap dua. Tahap tiga itu kabupaten kota," pungkas Armida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com