Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inalum Jadi Milik Indonesia per November 2013

Kompas.com - 16/10/2013, 18:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lunas tak lunas, Menteri Perindustrian, MS Hidayat menegaskan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) bakal beroperasi dengan Indonesia sebagai pemilik tunggal per 1 November 2013.

Hal itu disebabkan lantaran hingga saat ini kesepakatan soal berapa harga alih saham Inalum belum menemukan kata sepakat. Menurut Hidayat, harga pastinya akan ditentukan oleh pengadilan arbitrase.

"Jadi tetap, 1 November itu (Inalum) akan beroprasi di Indonesia, dan dimiliki oleh Indonesia. Hanya secara hukum belum, karena ada sesuatu yang belum lunas . Biar Arbitrase nanti yang menetukan kesepakatanya harganya" kata Hidayat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Sebelumnya, Indonesia memiliki 42 persen saham Inalum. Ambil alih Inalum akan menjadikan Indonesia sebagai pemilik tunggal dengan kepemilikan saham 100 persen. Kepemilikan oleh pihal Jepang akan berakhir pada 31 Oktober 2013.

Setelah lepas dari Jepang, Inalum akan menjadi badan usaha milik negara (BUMN). "Kita akan melalui Abitrase, Karena di master agrement sudah ditetapkan kesepakatan, maka tetap pengambilalihan akan dilakukan. Tetapi harga yang sebenarnya berapa, nanti abitrasi yang menentukan," pungkas Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com