Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Ambil Untung Tekan Wall Street

Kompas.com - 24/10/2013, 07:25 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com -
Saham-saham di Wall Street berakhir lebih rendah pada Rabu (23/10/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB), sebuah penurunan yang analis kaitkan dengan bauran aksi ambil untung dan beberapa laba perusahaan utama yang mengecewakan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 54,33 poin (0,35 persen) pada 15.413,33.

Indeks berbasis luas S&P 500 melemah 8,29 poin (0,47 persen) menjadi 1.746,38, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq berkurang 22,49 poin (0,57 persen) ke posisi 3.907,07.

Kerugian pada Rabu terjadi setelah keuntungan beruntun selama 10-hari yang mendorong S&P 500 meningkat hampir enam persen.

"Kami memiliki beberapa laba yang mengecewakan di Amerika Serikat tapi saya pikir itu lebih berfungsi dari seberapa banyak kita telah naik di seluruh papan, sebuah koreksi alami setelah kenaikan yang sangat kuat," kata Alec Young, ahli strategi ekuitas global pada S&P Capital IQ.

Tetapi Alan Skrainka, kepala investasi di Cornerstore Wealth Management, mengatakan, melemahnya laporan laba dari komponen Dow Caterpillar dan Broadcom memperburuk kecemasan setelah penutupan sebagian kegiatan pemerintah AS baru-baru ini.

"Ada pendirian umum bahwa momentum ekonomi telah melambat dan orang-orang hanya ingin tahu berapa besar dampak negosiasi utang di Washington terhadap ekonomi," kata Skrainka.

Caterpillar jatuh 6,1 persen setelah labanya menurun 44 persen dan perusahaan memangkas perkiraan setahun penuh untuk tiga kuartal pertama. Caterpillar telah "terluka parah" oleh sektor pertambangan yang melemah.

Perusahaan semikonduktor Broadcom turun 2,9 persen setelah mengumumkan pihaknya memangkas 1.150 pekerjaan, sekalipun saat itu mengalahkan ekspektasi laba. Citi menurunkan perkiraan labanya, mengutip prospek lemah perusahaan.

Boeing, komponen Dow, naik 5,3 persen setelah perusahaan melaporkan labanya 12 persen lebih tinggi dan menaikkan prospek laba 2013 karena meningkatnya pengiriman pesawat komersial.

Corning, yang memproduksi dan menjual kaca khusus, melonjak 14,1 persen setelah mengumumkan serangkaian usaha strategis dan keuangan dengan Samsung untuk menggabungkan kaca Corning di ponsel pintar Samsung dan produk lainnya.

Amerika Realty Capital Properties merosot 2,0 persen setelah mengumumkan mengakuisisi Cole Real Estate Investment, real estate investment trust lainnya, senilai 11,2 miliar dollar AS. Saham Cole naik 8,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com