Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Pertama Kalinya Catat Inflasi

Kompas.com - 31/01/2014, 09:54 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Jepang untuk pertama kalinya mencatatkan kenaikan harga-harga konsumen dalam lima tahun. Hal itu didorong oleh upaya pemerintah negara tersebut yang berusaha memerangi deflasi yang akut.

Namun, naiknya harga energi pasca-bencana Fukushima juga membayangi langkah PM Shinzo Abe, yang sepanjang tahun lalu berhasil mengurangi kejatuhan harga-harga barang konsumer dan mulai mendorong pertumbuhan ekonomi.

Bank of Japan berambisi untuk mendorong terjadinya inflasi sebesar 2 persen, sebuah langkah untuk mengembalikan kedigdayaan mesin ekonomi terbesar ketiga di dunia, yang selama ini terus dihantui oleh deflasi.

Indeks harga konsumer, kecuali volatile fresh food, naik 0,4 persen pada akhir Desember 2013, dan tercatat untuk pertama kalinya sejak tahun 2008 di mana saat itu inflasi tercatat naik 1,5 persen pada 2008.

Adapun sinyal perbaikan ekonomi lainnya adalah naiknya belanja rumah tangga Jepang sehingga berbagai perusahaan mampu meningkatkan produksinya. Di sisi lain, jumlah pengangguran juga menyentuh titik terendah dalam 6 tahun terakhir.

Belanja rumah tangga terbesar dialokasikan untuk energi karena biaya energi Jepang melonjak, menyusul bencana PLTN Fukushima, yang memaksa negara tersebut menghentikan reaktor nuklirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com