Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Pelabuhan Internasional di Kawasan Pantura Mendesak

Kompas.com - 07/06/2014, 16:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Aliansi Rakyat Merdeka Jumhur Hidayat mengatakan, dalam beberapa tahun kedepan, kawasan industri akan terus bergeser ke timur Jakarta. Menurutnya, dengan pergeseran tersebut maka pembangunan pelabuhan Internasional di sekitar pantai utara Jawa sangat diperlukan.

"Adanya pergeseran kawasan Industri membuat pebangunan pelabuhan internasional di kawasan pantura penting, karena pergeseran kawasan industri akan terjadi ke Subang atau Purwakarta," ujar Jumhur Hidayat di Jakarta, Sabtu (7/6/2014).

Menurut Jumhur, pembangunan pelabuhan di pantura karena saat ini industri sangat tergantung terhadap Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Apabila pergeseran kawasan industri tidak disertai pembangunan pelabuhan maka biaya distribusi barang industri akan semakin tinggi.

Pergeseran kawasan industri ke daerah Subang dan Purwakarta menurutnya sebuah hal yang baik untuk pemerataan ekonomi ke daerah-daerah. Lahan di kedua daerah tersebut juga relatif masih banyak dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur yang lebih baik.

"Pergeseran kawasan industri itu hal yang biasa, bagus juga sebagai upaya pemerataan pembangunan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com