Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subsidi BBM Tinggi, Jero Wacik Minta Gaikindo Ikut Tanggung Jawab

Kompas.com - 17/07/2014, 11:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Tingginya subsidi bahan bakar minyak (BBM) lantaran banyaknya kendaraan bermotor membuat Jero Wacik pening. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu pun meminta pertanggungjawaban Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk ikut membantu program penghematan BBM bersubsidi.

“Gaikindo jangan cuma mikir jual mobil. Harus dipikirkan gimana mengurangi subsidi,” katanya dalam peresmian uji jalan pemanfaatan biodiesel B20, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Dalam peresmian tersebut, tidak terlihat ada perwakilan dari Gaikindo. Padahal, peresmian biodiesel B20 ini utamanya ditujukan bagi kendaraan bermotor berbahan bakar solar. Jero pun menyayangkan hal tersebut.

“Dengan tidak hadir, saya jadi curiga. Jangan-jangan tidak serius. Perusahaan besar untungnya triliunan, tetapi disubsidi,” ucapnya. Di sisi lain, Jero mengklaim pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM, selalu mencari celah untuk mengurangi beban subsidi BBM. Jika tes uji jalan B20 ini berhasil dengan baik, dia optimistis, penggunaan campuran 20 persen CPO ke solar tidak akan merusak mesin. “Niat baik tidak cukup, harus dengan program yang baik,” imbuh Jero.

Seperti diberitakan, kendaraan bermotor yang melakukan uji jalan pagi ini akan menempuh rute sejauh 40.000 kilometer dengan rute BPPT Serpong-Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cileunyi-Bandung-Lembang-Subang-Cikampek-Palimanan-Karawang-Cibitung-dan kembali ke Serpong dengan jarak tempuh 500 kilometer per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com