Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjaga Laut dan Pantai Indonesia Digembleng U.S Coast Guard

Kompas.com - 20/09/2014, 14:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bobby R. Mamahit resmi menutup pelatian Boarding Officer di Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok.

Dalam pelatihan selama 2 minggu tersebut, 24 peserta yang merupakan penjaga laut dan pantai dari berbagai daerah dilatih langsung oleh penjaga laut dan pantai Amerika Serikat U.S Coast Guard.

"Saya ucapkan terimakasih kepada U.S Departement of State-Export Control dan U.S Coast Guard atas pelatihan borading officer ini," ujar Bobby dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Sabtu (20/9/2014).

Beberapa materi yang diajarkan oleh para instruktur U.S Coast Guard antara lain mengenai tata cara melakukan pemeriksaan di atas kapal, cara mempertahankan diri dari ancaman, cara melumpuhkan subjek yang bertindak agresif, dan berbagai pelatihan fisik. Setelah pelatihan tersebut selesai,

Bobby berharap para petugas penjaga pantai dan laut dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam melaksanakan tugas.

Selain pelatihan boarding officer, pemerintah AS juga akan melaksanakan program capacity building kepada calon instruktur boarding officer Indonesia. Rencananya program tersebut akan dilaksanakan pada 22-26 September 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com