Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada oleh DPRD, Pasar Bereaksi Negatif?

Kompas.com - 26/09/2014, 08:29 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif dengan tekanan turun di akhir pekan ini, Jumat (26/9/2014). Sentimen negatif bagi indeks datang dari eksternal maupun internal.

Bursa Wall Street ditutup melemah tajam pada tadi malam waktu Indonesia dengan indeks Dow Jones turun 264,26 poin atau 1,54 persen, S&P 500 turun 1,62 persen dan Nasdaq turun 1,94 persen.

Pelemahan indeks dipicu adanya proposal pengambilalihan aset asing di Rusia sebagai tindak lanjut konflik Rusia-Uni eropa. Sebelumnya Italia membekukan aset properti milik teman lama Presiden Vladimir Putin. Di samping itu saham Apple anjlok setelah kabar adanya kegagalan pada sistem operasi terbaru mereka.

Bursa Eropa ditutup melemah, indeks FTSE turun 0,99 persen, CAC turun 1,32 persen dan DAX turun 1,57 persen. Pelemahan terjadi terimbas komentar Kepala ECB yang berencana menaikkan suku bunga.

Dari dalam negeri, pasar diperkirakan akan bereaksi atas hasil pemungutan suara terkait RUU Pilkada. Merujuk pemilihan suara di DPR semalam, mayoritas anggota dewan memilih pilkada di Indonesia akan kembali dipilih melalui DPRD.

Riset Semesta Indovest memerkirakan bursa Indonesia hari ini dapat bergerak melemah terimbas turunnya bursa AS tadi malam. Indeks EIDO turun 1,55 persen. "Namun, investor dapat melakukan buy on weakness," tulisnya.

Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain MPPA, KLBF, ASRI, SRIL dan SIAP.

Update

IHSG pada pembukaan pagi ini langsung melorot lebih dari 58 poin meninggalkan level psikologis 5.200 (baca: IHSG Dibuka Anjlok 58 Poin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com