Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Bikin Takut, Kesan Bambang Brodjo Rapat dengan Jokowi

Kompas.com - 30/10/2014, 19:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku sidang kabinet yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sungguh menarik, dan sangat interaktif.

“Kesannya, yang menarik sidangnya sangat interaktif. Interaktif artinya tidak hanya semata-mata hanya Presiden dan Wakil Presiden saja yang mendominasi terus menteri-menterinya diam,” cerita Bambang kepada warwatan di kantornya, Kamis (30/10/2014).

Bambang menyampaikan, dalam sidang kabinet tersebut Presiden Joko Widodo selalu memberikan kesempatan kepada menteri yang ingin menyampaikan informasi. Presiden Joko Widodo, lanjut dia juga kerap bertanya langsung kepada menteri.

“Misalnya, dia tadi langsung tanya ke saya soal pajak, APBN tanya ke saya. Menurut saya itu bagus, interaktif dan artinya (menteri) berusaha memberikan informasi yang terbaru dan yang selengkap mungkin. Jadi menurut saya itu suasana yang bagus, komunikasi menjadi lebih cair,” ucap pengganti Chatib Basri itu.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai komunikasi yang cair, Bambang mengatakan, “Artinya, dalam pengertian tidak membuat orang menjadi ketakutan,” lanjut Bambang.

Lalu, penjelasan Bambang itu pun ditegaskan kembali oleh wartawan, apakah sidang kabinet dalam kabinet sebelumnya menakutkan? “Saya lebih takut kalau di-dorstop,” selorohnya.

Yang paling penting, para menteri Kabinet Kerja bisa menyampaikan secara lengkap informasi yang akan disampaikan. Seseorang bisa menyampaikan secara lengkap informasi atau idenya ketika merasa lebih comfortable, atau nyaman saat berkomunikasi.

“Kalau dia merasa merasa tertekan, sungkan, dia tidak akan bisa keluarkan informasi lengkap, atau diskusi yang panjang. Nah ini bisa..,” ucap Bambang.

Sementara itu, ketika ditanya adakah keharusan dalam setiap rapat para menteri mengenakan pakaian berwarna putih, Bambang menjelaskan hanya mengikuti instruksi. “Tadi diundang rapat Sidkab (Sidang Kabinet) jam 9, pakaian putih. Masa saya datang pakai pakaian ijo,” kata dia, dan tawa wartawan serta pegawai Kemenkeu pun pecah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com