Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Klaim Kebijakan Moneternya Berjalan Efektif

Kompas.com - 11/09/2015, 18:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengklaim kebijakan moneter yang selama ini dilakukan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sudah efektif. Bahkan hasilnya kata BI, sudah sesuai dengan tujuan operasi moneter tersebut.

"Itu sudah efektif. Di pasar uang itu sudah ada yang positif terhadap bunga, terhadap likuiditas, sudah sesuai dengan tujuan kita untuk memperkuat operasi moneter," ujar ujar Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Juda Agung di Kantor BI, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Dalam beberapa bulan terakhir, nilai tukar rupiah kian melemah terhadap dollar AS. Pada awal perdagangan tadi pagi, rupiah sedikit menguat hingga berada di bawah level 14.300, setelah kemarin terpuruk.

Rupiah dibuka di level 14.298,4, menguat dibanding penutupan kemarin pada 14.332,5.

Dalam beberapa kesempatan, BI selalu mengatakan pelemahan rupiah itu disebabkan faktor eksternal yaitu ketidakpastian kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan perkembangan perekonomian Tiongkok yang sedang mengalami pelemahan.

BI juga menyatakan akan selalu ada di pasar uang untuk melakukan intervensi terhadap rupiah. Intervensi di pasar uang itu memiliki konsekuensi logis yaitu keluarnya gelontoran miliaran dollar dari cadangan devisa (cadev) Indonesia.

Berdasarkan data BI akhir Agustus 2015, vadangan devisa Indonesia sebesar 105,34 miliar dollar AS atau turun sebesar 2,21 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara menyatakan, penurunan cadangan devisa tersebut disebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah. Pengurangan cadangan itu juga terjadi karena dana digunakan dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) ikut mengambil bagian dalam paket kebijakan ekonomi yang digulirkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang saat ini tengah menghadapi tekanan.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyebutkan ada lima paket yang dijalankan BI selaku otoritas moneter terkait dengan upaya pemerintah untuk mendorong perekonomian. Lima paket itu adalah memperkuat pengendalian inflasi dari sisi suplai, menguatkan stabilisasi rupiah, pengelolaan likuiditas rupiah, memperkuat suplai dan permintaan valuta asing, serta memperdalam pasar uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com