Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kenaikan Suku Bunga The Fed, BI Rate Diprediksi Ikut Naik

Kompas.com - 19/11/2015, 14:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya diprediksi bakal berimbas pada naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia.

Rektor Universitas Paramadina Prof Firmanzah PhD memandang bahwa kebijakan kenaikan suku bunga The Fed ini pun akan direspon oleh Bank Indonesia (BI) dari sisi moneter dengan melakukan penyesuaian terhadap suku bunga acuan.

"BI Rate akan disesuaikan saat The Fed menaikkan suku bunga. BI Rate diprediksi akan dinaikkan untuk mencegah kepemilikan asing di instrumen investasi tidak keluar," kata Firmanzah di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Meskipun demikian, Firmanzah memprediksi kenaikan suku bunga BI hanya berlaku untuk jangka pendek atau short term. Tujuannya adalah agar arus modal yang keluar dari Indonesia tidak terlalu banyak.

BI memiliki posisi untuk menjaga pasar keuangan domestik. Apabila bank sentral memutuskan untuk menurunkan BI Rate, maka ada kemungkinan bahwa arus modal akan keluar dengan deras sekaligus membuat tekanan terhadap mata uang rupiah semakin tinggi.

Firmanzah pun menyoroti keputusan bank sentral untuk menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) Primer menjadi 7,5 persen.

Menurut Firmanzah, ia melihat pola kebijakan ini hampir serupa dengan langkah yang dilakukan oleh bank sentral Tiongkok.

"Rasanya BI mengikuti pola bank sentral Tiongkok. Sebelum menyesuaikan suku bunga, maka GWM dulu yang dicoba untuk disesuaikan untuk melihat bagaimana respon pasar. Setelah itu kebijakannya bisa bagaimana tetap merelaksasi GWM atau menyesuaikan suku bunga," terang Firmanzah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com