Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setoran Awal Rp 5.000, Siswa Sekolah Bisa Punya Rekening di Bank

Kompas.com - 27/11/2015, 17:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meningkatkan tingkat literasi keuangan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia.

Salah satu inisiatif yang diambil regulator adalah dengan menghadirkan produk tabungan khusus untuk para siswa sekolah.

Kepala Eksekutif Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono menjelaskan, inisiatif tersebut adalah dengan meluncurkan produk Simpanan Pelajar (Simpel).

Produk ini merupakan produk tabungan untuk memperkenalkan produk jasa keuangan sejak dini.

"Simpel adalah simpanan pelajar, khusus bagi anak-anak siswa SD sampai SMA dengan fitur yang menarik," kata Kusumaningtuti di SD Negeri 01 Menteng, Jumat (27/11/2015).

Kusumaningtuti menjelaskan, produk tabungan Simpel tidak memiliki biaya administrasi sama sekali. Selain itu, setoran awalnya pun sangat rendah.

Untuk tabungan konvensional, para siswa cukup menyetorkan uang sebesar Rp 5.000 dan untuk tabungan syariah hanya Rp 1.000.

"Tabungan Simpel ini diselenggarakan oleh bank-bank yang telah kerjasama. Ini untuk menjangkau siswa SD sampai SMA yang jumlahnya mencapai 57 juta jiwa atau 20 persen dari populasi Indonesia dan jumlah sekolah SD sampai SMA sebanyak 255.000 sekolah," terang Kusumaningtuti.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa produk tabungan Simpel diluncurkan pada bulan Juni 2015 lalu dan secara resmi diaktivasi pada bulan September oleh OJK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

"Saat ini sudah ada kerjasama dengan 27 bank dan jumlah rekening sudah mencapai 170.000 ribu. Sudah puluhan ribu anak yang terdaftar dan ini akan bertambah terus," terang Kusumaningtuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com