Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Pejabat Kemenhub Miliki Kecerdasan "Jalanan"

Kompas.com - 18/01/2016, 13:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan dan jajaran Direktur Jenderal Kementerian (Perhubungan Dirjen Kemenhub) turun langsung mengecek semua progres proyek pembangunan.

Presiden menginginkan pejabat negara memiliki kecerdasan lapangan.

"Dan saya minta agar setiap pekerjaan yang ada dicek, dikontrol. Saya minta Menteri dan Dirjen memiliki kecerdasan jalanan (lapangan), jangan melihat dari atas meja saja," ujar Presiden di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Menurut dia, kecerdasan lapangan sangat penting dimiliki oleh para pejabat negara. Sebab, anomali dan distorsi proyek pembangunan ada di lapangan bukan di atas meja kerja.

"Kenapa saya datang di setiap proyek saya berikan contoh di Tol Trans Sumatera, setelah groundbreaking saya sudah datang kesana 5 kali, kenapa saya datangi terus, pertama saya ingin pekerjaan ini segera selesai, yang kedua saya ingin kualitas nya juga yg baik, begitu juga proyek di Kemenhub," kata Presiden.

Jokowi berpesan agar pejabat Kemenhub tidak main-main dengan kualitas proyek pembangunan. Untuk memastikan kualitas proyek tetap terjaga, cara satu-satunya yakni dengan mengecek langsung pengerjaan proyek.

"Jangan ada yang main-main dengan yang namanya kualitas, dan kepada semua pemenang kontrak kegiatan dan pengelola anggaran saya minta pekerjaan dilaksanakan sebaik-baiknya, kualitas sebaik-baiknya, diselesaikan tepat waktu," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com