Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Bukopin 100 Persen Milik Lokal Merupakan Kebanggaan

Kompas.com - 08/02/2016, 17:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Glen Glenardi memiliki kebanggaan tersendiri terhadap PT Bank Bukopin Tbk, bank yang dipimpinnya sejak tahun 2005 hingga kini.

Alasannya, Bank Bukopin adalah satu dari sedikit bank di Indonesia yang hingga kini masih sepenuhnya dimiliki oleh investor lokal.

Dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com, Glen menjelaskan, fakta tersebut tidak hanya membanggakan dirinya, namun juga seluruh karyawan Bank Bukopin yang kini berjumlah 6.000 orang lebih.

"Satu kebanggaan, saat ini Bank Bukopin masih dimiliki investor Indonesia. Tidak ada investor asing. Selain bank pemerintah, bank lokal yang dimiliki investor lokal ya Bank Bukopin," kata Glen di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menurut Glen, bank-bank yang seusia dengan Bank Bukopin, seperti Bank Duta, Bank Niaga, Bank Bali, Bank Utama, Bank Lippo, maupun BII, kini sudah dikuasai investor asing.

Paling tidak, kata Glen, hal ini menunjukkan bahwa Bank Bukopin mampu bertahan di tengah dinamika di industri keuangan dan perbankan.

Padahal, Glen mengakui cukup banyak "pinangan" dari investor asing, namun perseroan tetap memilih investor lokal.

"Pinangan banyak. Tapi Kita ambil investor lokal. Kita bukan anti asing, tapi kalau masih bisa hidup tanpa perlu bantuan asing, kenapa tidak?" jelas Glen.

Partisipasi investor asing dalam bisnis Bank Bukopin, kata dia, hanya sebatas aksi korporasi di pasar saham, seperti obligasi atau right issue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com