Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Gas Bumi dari PGN, Pondok Pesantren Ini Mampu Berhemat untuk Bahan Bakar

Kompas.com - 05/04/2016, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pesantren di Jawa Timur menikmati pasokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk memenuhi kebutuhan energi yang dipakai untuk memasak sehari-hari.

Salah pesantren yang mendapatkan pasokan gas dari PGN adalah Pesantren Terpadu Darul Muttaqin, Surabaya. Sudah hampir lima tahun terakhir ini, pesantren tersebut memasak untuk sekitar 100 orang santri sehari-hari menggunakan bahan bakar gas bumi dari PGN.

"Kami menjadi pelanggan PGN sudah 5 tahun yang lalu, atau sejak awal 2011," kata Kepala Bidang Sarana Prasaranaa Darul Muttaqin, Luthfi Zamrono, Selasa (5/4/2016).

Luthfi mengungkapkan, gas bumi tersebut digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari untuk para santri yang menimba ilmu di pesantren.

Dia merasa bersyukur bisa mendapatkan pasokan gas dari PGN. Hal ini karena ada kepastian pasokan bahan bakar selama 24 jam untuk keperluan masak.

"Karena yang kami layani ada sekitar 100 orang santri, jadi selama proses memasak tidak pernah terjadi hambatan," lanjutnya.

Setiap bulan, pondok pesantren ini hanya mengeluarkan biaya pemakaian gas bumi Rp 750.000. Biaya ini jauh lebih hemat bila dibandingkan menggunakan elpiji yang bisa mencapai lebih dari Rp 2 juta per bulan.

"Sebelumnya kami pakai elpiji. Ketika beralih ke gas bumi, biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat. Kalau pakai elpiji, biaya yang kami keluarkan bisa tiga kali lipatnya," tambahnya.

Kepala Komunikasi Korporat PGN, Irwan Andri Atmanto mengatakan, perseroan menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menyalurkan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan. Mulai dari rumah tangga, UKM, mal, hotel, restoran, industri, hingga pembangkit listrik serta transportasi.

"PGN juga menyalurkan gas bumi yang efisien dan bersih ke rumah sakit, sekolah dan juga pesantren seperti di Surabaya," kata Irwan.

Hingga saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah, lebih dari 1.850 pelanggan komersial seperti mal, restoran, dan rumah makan, serta lebih dari 1.529 industri besar dan pembangkit listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com