Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Kuartal I Telkom Memuaskan, Segmen Data Jadi Kontributor Dominan

Kompas.com - 22/04/2016, 11:11 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja kuartal I PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dinilai memuaskan dengan pertumbuhan triple double digit, yakni bertumbuh double digit di tiga indikator kinerja, dibandingkan periode sama di 2015.

Berdasarkan keterangan Telkom, pada kuartal I 2016 tercatat pendapatan tumbuh 16,6 persen menjadi Rp 27,54 triliun. Margin laba sebelum biaya bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) tumbuh 18,8 persen menjadi Rp 14,66 triliun. Sementara laba bersih tumbuh 20,2 persen menjadi Rp Rp 4,59 triliun.

Untuk pertama kalinya segmen Data, Internet & IT Service menjadi kontributor dominan terhadap pendapatan konsolidasi. Segmen ini berkontribusi 37,4 persen atau Rp 10,30 triliun. Pencapaian ini lebih tinggi 45,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan yang cukup tinggi pada segmen Data, Internet & IT Service  tersebut sejalan dengan tumbuh pesatnya pelanggan layanan broadband, baik fixed broadband maupun mobile broadband Telkomsel Flash.

Pelanggan Telkomsel Flash tumbuh 42,2 persen menjadi 43,84 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan mobile broadband Telkomsel ini tidak terlepas dari perluasan layanan 3G/4G. Layanan 4G LTE Telkomsel saat ini telah hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia.
 
Sementara itu, jumlah pelanggan Fixed Broadband pada kuartal pertama tahun 2016 ini tumbuh sebesar 20,7 persen menjadi 4,20 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan fixed broadband yang begitu pesat dipicu oleh gencarnya promosi serta perluasan layanan Triple Play IndiHome.

“Pada kuartal pertama 2016 ini kinerja perusahaan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dengan indikator pertumbuhan double digit pada pendapatan, EBITDA dan laba bersih perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, melalui rilis pers, Kamis (21/4/2016).

Dia menjelaskan bahwa kontribusi yang tinggi dari segmen Data, Internet & IT Service  merupakan hasil dari investasi pembangunan infrastruktur broadband yang merupakan wujud komitmen Telkom untuk menjadi pemain terkemuka dalam bisnis digital.

Telkom di 2016 mematok pertumbuhan di atas rata-rata industri. Untuk itu, Telkom kembali meneruskan fokus tiga program utamanya.

Yaitu, Telkomsel sebagai “Leading Mobile Digital Business”, Indonesia Digital Network dengan “Drive Digital Home & Experience” serta International Expansion menuju “Smart International Business Growth”.  

Melalui tiga program utama tersebut, Telkom diharapkan dapat menjadi perusahaan digital yang disegani tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat regional hingga global.

 

Kompas TV Telkom Bangun Kampung Digital
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com