Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Yunani, Rizal Ramli Pulang Bawa Sejumlah "Oleh-Oleh"

Kompas.com - 08/06/2016, 11:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengakhiri lawatannya ke Yunani pada hari ini. Sejumlah penjajakan kerja sama kedua negara jadi oleh-oleh utama yang dibawa Rizal saat kembali menginjakan kaki di Tanah Air pada Rabu (8/6/2016) malam nanti.

Seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Koordinator Kemaritiman, peluang kerja sama Indonesia-Yunani masih seputar sektor maritim.

Pertama, kerja sama yang dijajaki adalah kerjasama di bidang keamanan laut. Hal itu dianggap penting lantaran Indonesia sedang gencar-gencarnya memerangi illlegal fishing.

"Tiap tahun ikan kita dicuri. Kerugiannya sekitar 20 miliar dollar AS per tahun. Kita sudah ambil sejumlah langkah untuk menghentikan hal ini, kata Rizal.

Kedua, kerja sama di sektor pariwisata. Seperti diketahui, pemerintah sedang memompa sektor pariwisata untuk mendulang devisa.

Tidak main-main, target pendapatan devisa dari sektor pariwisata dipatok diangka 20 miliar dollar AS pada 2019 nanti.

Salah satu kebijakan yang ditempuh pemerintah yakni terkait perizinan kapal cruise dan yacht

Menurut Rizal, kerja sama di sektor pariwisata dengan Yunani sangat penting lantaran negara yang berada di Eropa selatan itu menjadikan pariwisata sebagai sumber utama penerimaan negara.

Selain kerja sama itu, Rizal Ramli menjajaki kerjasama lainnya yakni pengembangan kapasitas sumber daya manusia, teknologi keamanan laut, serta informasi. 

Di Yunani, Rizal Ramli dipadati sejumlah kegiatan. Salah satunya yakni menggelar diskusi dengan para pejabat, pengusaha sektor maritim, dan ekonomi Yunani.

Kompas TV Rizal Ramli: Tidak Perlu Takut Persaingan Pariwisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com