Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Kalbar Siapkan Uang Tunai Rp 2,1 Triliun Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016

Kompas.com - 10/06/2016, 14:45 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat mempersiapkan uang tunai sebanyak Rp 2,1 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah.

Untuk mengoptimalkan kebutuhan tersebut, BI mempersiapkan pelayanan sistem pembayaran tunai dan non tunai yang optimal, sehingga bisa melayani kebutuhan masyarakat dalam periode tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Dwi Suslamanto menguraikan, berdasarkan data periode sebelumnya, kebutuhan uang baik tunai maupun non tunai masyarakat di Kalbar mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh meningkatnya transaksi di masyarakat.

Terkait dengan sistem pembayaran tunai, BI memproyeksikan kebutuhan uang tunai periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini sebesar Rp 2,1 triliun, atau diperkirakan naik sekitar 24,26 persen dari periode sebelumnya yaitu sebesar Rp 1,69 triliun.

“Proyeksi kenaikan tersebut dipengaruhi beberapa faktor diantaranya pembayaran gaji ke-13 dan ke-14 untuk PNS maupun TNI/Polri, serta jumlah hari libur yang lebih banyak dibanding tahun 2015, terlebih momentum bulan Ramadhan yang bertepatan dengan liburan sekolah,” ungkap Dwi, Kamis (9/6/2016).

Faktor lainnya, imbuh Dwi, yaitu adanya penambahan titik dan frekuensi penukaran, baik oleh BI sendiri maupun perbankan.

Proyeksi kebutuhan uang tunai tersebut diperkirakan akan didominasi oleh uang pecahan sebesar Rp. 20.000 ke atas, yang diperkirakan akan mencapai 96 persen.

Sedangkan sisanya sebesar 4 persen merupakan pecahan kecil di bawah Rp. 10.000.

Untuk pemenuhan kebutuhan uang tunai tersebut, BI Kalbar telah menyediakan dana sebanyak Rp 5,2 triliun ditambah dengan dana cadangan dalam bentuk titipan dari Kantor Pusat Bank Indonesia sebesar Rp 2 triliun.

Persediaan ini dinilai sangat cukup dalam memenuhi proyeksi kebutuhan dalam periode tersebut.

Kompas TV PNS DKI Bakal Terima Gaji Ke-14
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com