Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susun Peta Jalan, KEIN Harap Sektor Pariwisata Genjot Ekonomi Bisa Lebih Tinggi

Kompas.com - 22/06/2016, 15:19 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) berharap sektor pariwisata ini akan mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari saat ini.

Ketua KEIN, Sutrisno Bachir mengatakan saat ini pihaknya bersama Kementerian Pariwisata tengah membahas penyusunan roadmap industrialisasi sektor pariwisata dan anggaran belanja untuk pariwisata.

 

"KEIN berharap sektor pariwisata ini bisa menjadi sektor yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga di atas 10 persen," kata Sutrisno Bachir dalam keterangan resminya, Rabu (22/6/2016).

Menurut Sutrisno, harapan itu wajar karena sektor pariwisata melibatkan banyak stakeholder, yang meliputi pengusaha pemodal besar dan kecil.

"Tidak banyak negara yang bisa mengandalkan sumber devisa dari sektor pariwisata. Karena itu, kami berharap agar sektor pariwisata bisa lebih cepat menggerakan ekonomi dan sekaligus mendapatkan devisa," kata Sutrisno.

Terkait denngan hal ini, KEIN berencana akan membuat roadmap khusus sektor pariwisata hingga tahun 2045 bersama dengan Kementerian Pariwisata.

Roadmap ini nantinya bukan hanya di usulkan kepada presiden, namun juga kepada parlemen sehingga apa yang dinginkan itu bisa terwujud dan industri pariwisata ini bisa menjadi andalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com