Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pacu Ekonomi Desa dan UMKM

Kompas.com - 23/09/2016, 20:24 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini tengah gencar membangun ekonomi kerakyatan melalui desa-desa baik perbatasan maupun desa tertinggal.

Hal ini dilakukan untuk memperkecil kesenjangan antar daerah di Indonesia serta pemerataan ekonomi.

Atas hal tersebut, Menteri Koperasi (Menkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AAGN Puspayoga dan Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melakukan kerja sama dalam pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan di Desa Kalikajar Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (23/9/2016).

Menkop menjelaskan, ada beberapa program yang tengah gencar dilakukan pihaknya, mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), reformasi koperasi, hingga pemberian hak cipta pada produk-produk UKM kualitas ekspor.

"Potensi koperasi dan UKM kita sangat besar apa lagi ditambah KUR," ucapnya. Dia menambahkan, sinergi dua kementerian bertujuan untuk memberdayakan koperasi dan UKM serta mensejahterakan masyarakat desa.

Sementara itu, Mendes mengatakan, pemilihan kabupaten Wonosobo sebagai proyek percontohan sinergi antar kementerian sudah melalui kajian yang matang.

"Seperti yang diprogramkan pemerintah saat ini, nawacita Presiden mencanangkan pembangunan dari desa-desa tertinggal dan wilayah pinggiran," ungkapnya.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyambut baik program sinergi yang dilakukan dua Kementerian di wilayahnya.

"Pemda dan masyarakat di Wonosobo berharap banyak kepada dua kementerian ini dalam upaya pembangunan ekonomi Kabupaten Wonosobo," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com