Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang 11.11 Alibaba Segera Hadir di Indonesia

Kompas.com - 11/11/2016, 11:27 WIB
Aprillia Ika

Penulis

SHENZEN, KOMPAS.com - Vice Chairman Alibaba Joe Tsai mengatakan bahwa pesta belanja online 11.11 Global Shopping Festival juga akan diselenggarakan di Indonesia dan di lima negara Asia Tenggara lain, sebagai bagian dari rencana globalisasi Alibaba Group.

"Tahun ini kami dengan Lazada akan ke Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina," kataTsai dalam sambutannya jelang pembukaan ajang 11.11 Global Shopping Online di Shenzen, China, Kamis (10/11/2016) malam.

Dia mengatakan, saat ini untuk Indonesia bukan masalah ekosistem, siap atau tidak siap. Tetapi yang penting bagaimana ajang ini bisa berjalan. "Kami bekerja sama dengan Lazada untuk membangun tahapan- tahapannya," lanjut dia.

Sebagai informasi, ajang 11.11 ini dulunya bernama Singles Day atau Hari Jomblo. Ajang ini selalu diselenggarakan sejak 11 November 2009.

Pada 2015, Alibaba menghasilkan 14,3 miliar dollar AS untuk penjualan online selama 24 jam saja, melalui Alipay. Transaksi mobile  mencapai 68,67 persen dari gross merchandise volume (GMV).

Transaksi dilaksanakan di 232 negara dengan lebih dari 16.000 merek. Ajang ini diikuti 115 juta pembeli dan 40.000 merchants.

Pada tahun ini, Alibaba memperluas cakupan wilayah festival, lebih luas, lebih interaktif dan lebih menyenangkan dibanding ajang sama dari negara manapun di seluruh dunia.

Ajang ini juga menyertakan pengalaman berbelanja menggunakan virtual reality, serta ada sebuah gala sebelum ajang pesta belanja online tersebut dimulai di tengah malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com