Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Dapatkan Kartu "Railpay" KAI

Kompas.com - 19/12/2016, 15:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) telah meluncurkan Railpay. Railpay merupakan electronic money atau uang elektronik dalam bentuk kartu yang diterbitkan KAI sebagai alat pembayaran.

Dengan Railpay, pelanggan dapat membeli tiket kereta api jarak jauh, tiket pesawat, tiket kapal laut, dan pembelian tiket Bus Damri.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Railpay untuk pembayaran parkir, BBM, belanja di Sarinah dan toko retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo. 

Kartu Railpay ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan PLN, Telkom, Indovision, dan First Media.

Namun, bagaimana cara mendapatkan Railpay tersebut?

Untuk mendapatkan Railpay, pelanggan diharuskan register terlebih dahulu agar menjadi anggota (member) di aplikasi mobile KAI Access dan sudah melakukan sejumlah transaksi pembelian tiket kereta api pada aplikasi tersebut dalam kurun waktu satu tahun.

Selanjutnya, pelanggan yang memenuhi kriteria akan mendapatkan email pemberitahuan yang untuk melengkapi data yang dibutuhkan.

Setelah data lengkap, maka kartu Railpay akan dikirimkan ke kediaman masing-masing. 

Para pelanggan yang ingin melakukan pengisian ulang saldo Railpay dapat melakukan di ATM bank penerbit bertanda logo isi ulang dengan menggunakan kartu debit bank penerbit dengan saldo perdana minimal sebesar Rp 100.000 dan saldo maksimal sebesar Rp 1 juta.

Masa aktif kartu Railpay berlaku sepanjang masa, sehingga pelanggan tidak perlu takut kartu akan hangus. 

KAI juga akan memberikan fasilitas berupa tambahan poin yang dapat ditukar dengan tiket kereta api jarak jauh maupun fasilitas pelayanan, bagi pelanggan setia yang menggunakan kartu Railpay.

Poin tersebut akan diakumulasikan dalam periode satu tahun anggaran dan otomatis hangus jika pada akhir periode tahun anggaran tidak digunakan.

Namun apabila, kartu Railpay hilang, bank penerbit tidak dapat memblokir dan mengganti sisa saldo kartu yang telah hilang.

Sebab, data saldo hanya tersimpan dalam chip kartu Railpay.  Meski demikian, poin yang telah terkumpul dalam kartu Railpay tidak akan hilang sebab poin tersebut tersimpan di server. 

(Baca: Gandeng Tiga Bank, KAI Luncurkan Kartu Railpay)

Kompas TV Ubah Layanan Tiket, PT KAI Raih Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com