Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghasilan Puluhan Juta Sebulan Jangan Membuat Anda Lengah

Kompas.com - 10/01/2017, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki penghasilan yang cukup besar hingga puluhan juta rupiah per bulan, mungkin masih menjadi mimpi kebanyakan orang.

Bersyukurlah bila posisi Anda sekarang sudah berada di kelompok ini.

Dengan pendapatan besar berarti Anda punya ruang finansial yang cukup leluasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai ke soal persiapan masa depan yang lebih baik.

Namun, memiliki penghasilan besar tanpa dibarengi kecermatan mengelola juga patut disayangkan.

Pendapatan yang besar bisa habis begitu saja tanpa sisa, semata-mata digunakan untuk konsumsi.

Bahkan tidak sedikit orang berpenghasilan besar yang justru terjerat masalah utang. Kebanyakan akibat terjebak gaya hidup konsumtif yang banyak menggoda para pekerja bergaji tinggi.

Lantas, bagaimana agar penghasilan besar yang Anda miliki tidak habis sia-sia untuk konsumsi saja? Simak beberapa tips berikut ini :

1.    Biasakan memiliki rencana anggaran

Penghasilan yang lalu lalang di rekening begitu saja, kebanyakan karena ketiadaan perencanaan yang jelas. Memiliki rencana anggaran wajib bagi siapapun yang sudah memiliki penghasilan.

Apa saja yang perlu ditulis dalam rencana anggaran? Rencana anggaran meliputi, rencana pengeluaran rutin, pengeluaran pribadi, keluarga, rencana investasi, sampai pengeluaran untuk kegiatan amal dan sosial.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan yang banyak tersedia di smartphone untuk membuat alokasi anggaran bulanan.

2.    Susun tujuan keuangan

Usia produktif merupakan masa bagi Anda untuk mengakumulasi aset. Jangan sia-siakan fase ini mumpung usia Anda masih muda, sehat dan tanggungan belum segunung.

Maka itu, setelah menyusun rencana anggaran, Anda perlu membuat tujuan keuangan yang spesifik agar pengaturan finansial lebih terarah.

Bagaimana contohnya? Bila Anda saat ini belum menikah, mengapa tidak mulai menabung untuk kebutuhan biaya menikah kelak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com