Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober 2017, Satu Anak Usaha Pelindo II Siap Melantai Bursa

Kompas.com - 04/02/2017, 09:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo II) mengungkapkan salah satu anak usahanya kan melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2017.

Anak usaha itu yakni, PT Jasa Armada Indonesia (JAI).  Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, awalnya perseroan berencana untuk IPO tiga anak usahanya pada tahun 2017.

(Baca: IPO Anak Usaha, Pelindo II Tunggu Kajian Penasihat Keuangan)

Namun, kata dia, setelah adanya diskusi dengan pemegang saham yakni, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhirnya difokuskan JAI untuk melantai bursa. 

Saat ini, jelas Elvyn, perseroan telah mengundang penasihat keuangan atau financial advisor untuk melakukan perhitungan. Elvyn tidak menyebutkan siapa yang menjadi penasihat keuangan. 

"Kami juga telah menyiapkan aspek-aspek  administrasi. Setelah ini beres, kami akan register ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kemudian listing," ujar Elvyn dalam Media Gathering Pelindo II di Bandung, Jumat (3/2/2017).

Saat ini, Elyvn juga belum menentukan siapa perusahan penjamin emisi atau underwriter. Menurut dia, penunjukkan perusahaan underwriter setelah pendaftar ke OJK selesai. 

Meski demikian, ujar dia, perseroan bisa menunjuk perusahaan underwriter dari BUMN maupun swasta.

"Pastinya akan gunakan yang besar-besar dan hebat-hebat. Bisa saja gabungan BUMN dan swasta," jelasnya. 

Dengan penawaran saham ini diharapkan perseroan bisa menyerap dana hingga Rp 2 triliun. Nantinya, hanya 30 persen saham JAI yang dilepas di lantai bursa. 

"Kami proyeksikan paling lambat oktober 2017? JAI sudah melantai bursa," ungkapnya. 

Terkait untuk dua anak usaha lainnya, Elvyn memperkirakan dapat melantai bursa pada tahun 2018. Diharapkan ketiganya, bisa menyerap dana hingga Rp 5 triliun. 

"Yang dua lagi kalau tidak bisa 2017 ya di 2018. Karena kami harus fokus, harus punya pasar. Yang  bisa kami pastikan secara serius adalah JAI," tandasnya. 

Sebelumnya, Pelindo II telah berencana melakukan IPO tiga anak usahanya sejak tahun 2016. Ketiganya adalah PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP).

(Baca: Pelindo II Berencana IPO Tiga Anak Usahanya)

Kompas TV Kapasitas Tanjung Priok Baru Saingi Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com