Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2017, Konsumen Indonesia Masih Optimistis

Kompas.com - 06/02/2017, 19:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JJAKARTA, KOMPAS.com — Survei Konsumen Januari 2017 yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan, optimisme konsumen Indonesia terhadap kondisi perekonomian Indonesia tetap berlanjut. Ini ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2017 yang masih berada dalam level optimis, yaitu 115,3.

Bank sentral menyatakan, angka tersebut relatif stabil dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 115,4. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat pada tiga hingga enam bulan mendatang. Ini ditunjukkan oleh Indeks Ekspektasi Harga (IEH) untuk tiga bulan mendatang, yakni April 2017 yang meningkat 9 poin dari bulan sebelumnya menjadi 171,8.

“Ini terutama dipengaruhi oleh perkiraan kenaikan tarif listrik dan harga bahan bakar minyak (BBM),” tulis bank sentral dalam pernyataan resmi, Senin (6/2/2017).

Demikian halnya dengan IEH untuk 6 bulan mendatang, yakni Juli 2017 yang meningkat 4,4 poin menjadi 176. Bank sentral pun menyatakan, seiring dengan perkiraan meningkatnya tekanan inflasi pada enam bulan mendatang, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan dan pinjaman melambat dibandingkan bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com