Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Australia Diskusikan Kerja Sama Bidang Aviasi

Kompas.com - 09/03/2017, 10:58 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (9/3/2017) melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.

Pertemuan antara kedua Menteri tersebut dimulai pukul 08.30 WIB hanya berlangsung selama 15 menit.

Keduanya pun turun dari Ruangan Menhub Budi Karya yang berada di Gedung Karsa Kementerian Perhubungan Lantai 9.

Seusai pertemuan, Menhub Budi Karya mengatakan, pertemuan tersebut mendiskusikan bagaimana cara meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia.

Salah satunya, membicarakan mengenai kerja sama penerbangan antara kedua negara.

"Secara khusus kami bicara mengenai aviasi, obyek wisata, dan kemungkinan-kemungkinan Indonesia maupun Australia mengembangkan tempat-tempat di kedua negara," ujar Menhub Budi Karya.

Budi Karya menjelaskan, Australia menawarkan dua tempat yang bisa diterbangi maskapai Indonesia. Kedua tempat itu yakni, Pulau Natal atau Christmas Island dan Brisbane.

"Jadi bagaimana kita menerbangi Christmas Island. Di sana juga ada suatu tempat di Brisbane yang menarik sekali. Beliau menawarkan supaya kita bisa memikirkan bagaimana kolaborasi di tempat itu," jelasnya.

(Baca: Garuda Indonesia Bakal Tambah Frekuensi Penerbangan ke Australia)

Sementara itu, Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash mengatakan pihaknya melakukan pertemuan untuk meningkat hubungan yang lebih kuat antara kedua negara. Menurut dia, pertemuan ini akan terus berlanjut.

"Jadi bagaimana kita bisa mencari peluang dan juga diskusi tentang kepentingan bisnis dari Indonesia dan Australia. Untuk lagi kesempatan untuk meningkatkan cara kita melakukan transportasi, pendekatan kami untuk memperluas kedua ekonomi kita," tandasnya.

Sekadar informasi, Indonesia dan Australia telah menjajaki kerja sama di berbagai bidang. Di bidang Transportasi, Indonesia dan Australia kerja sama transportasi khusunya pada safety (keselamatan) dan security (keamanan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com