Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II dan III Ingin Realisasikan "Digital Port"

Kompas.com - 12/05/2017, 15:51 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - PT Pelindo II atau Indonesia Port Company (IPC) & PT Pelindo III menggagas implementasi smart port atau digital port.

Dirut IPC, Elvyn G. Masassya mengatakan dengan cara ini, pelayanan di pelabuhan bisa lebih efisien.

“Saat ini tantangan terbesar adalah mentransformasi pelabuhan menjadi smart-port atau digital-port. Karena itu melalui konferensi ini kita dapat saling berbagi pengetahuan dan belajar mendorong inovasi seperti di pelabuhan di negara lainnya,” kata Elvyn di sela-sela penyelenggaraan IAPH world Ports Conference, Jumat (12/5/2017).

Smart-port atau digital-port merupakan layanan terintegrasi di pelabuhan yang terkoneksi secara digital.

Layanan tersebut tidak hanya melibatkan pengelola pelabuhan semata tetapi juga berbagai stakeholder pengelola lainnya seperti bea cukai.

Sementara itu, Direktur Teknik, Teknologi Informasi dan Komunikasi PT Pelindo III Husein Latif menuturkan digitalisasi tersebut diyakini mampu meningkatkan efektifitas layanan pelabuhan serta efisiensi sumber daya yang dibutuhkan di dalam pelabuhan.

“Saat ini di Indonesia sudah dilaksanakan tetapi masih diperlukan ditingkatkan. Sehingga, perlu ada tukar-menukar pengetahuan dan ekspertise dari inovasi-inovasi yang sudah dilakukan di pelabuhan besar di dunia,” lanjutnya.

Menurut Husein, pengembangan digitalisasi pelabuhan akan terus dijalankan, namun tetap perlu mengambil terobosan positif yang sudah ada di pelabuhan lainnya.

Lebih lanjut Husein juga menilai ajang seperti IAPH sangat terbuka untuk menjadi ajang saling belajar dan bertukar pengetahuan.

“Harapannya Pelindo 1,2,3, dan 4 menjadi lebih open-mind dan terbuka dalam mempelajari  berbagai inovasi yang disampaikan di dalam event ini,” jelas Husein.

Elvyn menambahkan, forum ini bisa menjadi ajang untuk tidak hanya bertukar informasi dan inovasi tetapi membangun aliansi berbagai pelabuhan di dunia. Lebih lanjut, momentum IAPH dapat menunjukkan modernisasi pengelolaan pelabuhan Indonesia.

“Bagi Pelindo 1,2,3, dan 4 dapat menunjukkan kepada pelabuhan di dunia bahwa Indonesia sudah menjalankan konsep pelabuhan yang modern,” jelas Elvyn.

“Kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia untuk menyelenggarakan event ini merupakan sebuah kebanggaan dan juga memunculkan added value tersendiri karena dilaksanakan di Bali,” tutup Elvyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com