Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Termasuk Negara Paling Optimis di Asia Pasifik

Kompas.com - 25/07/2013, 13:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen Indonesia masuk dalam jajaran 5 negara dengan tingkat kepercayaan konsumen tertinggi di Asia Pasifik. Selain Indonesia, terdapat pula India, China, Filipina, dan Myanmar.

"Tetap tingginya tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia merupakan sebuah sinyal yang bagus bagi dunia usaha di tanah air dan hal ini juga merupakan buah dari kestabilan pertumbuhan ekonomi yang berkisar di angka enam persen tiap tahunnya," kata Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia dalam siaran pers, Kamis (25/7/2013).

Berdasarkan survei MasterCard, indeks tingkat kepercayaan konsumen Indonesia mencapai angka 81. Adapun nilai indeks itu dihitung dengan nilai 0 sebagai nilai paling pesimis, 100 paling optimis, dan 50 sebagai netral.

Meskipun mengalami penurunan, tetap saja indeks kepercayaan konsumen Indonesia tergolong tinggi. Sebagai informasi, tahun lalu indeks kepercayaan konsumen Indonesia mencapai angka 87,5. Tahun ini terjadi penurunan 6,5 indeks poin menjadi 81.

Survei itu mengungkapkan pula tingkat perekonomian, prospek lapangan kerja, pasar saham lokal, prospek tingkat pendapatan rutin, dan kualitas hidup masyarakat masih sangat optimis. Walaupun terdapat sedikit penurunan, indeks poin masing-masing masih berada di atas angka 70.

The MasterCard Worldwide Index of Consumer Confidence mencakup pasar-pasar di seluruh Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Survei dilakukan antara April hingga Mei 2013.

Adapun responden yang bertasipasi sebanyak 12.205 orang dengan rentang usia 18 sampai 64 tahun di 27 negara. Para responden diberikan 5 pertanyaan berkait dengan pandangan mereka dalam rentang 6 bulan mengenai ekonomi, prospek pekerjaan, pasar saham lokal, prospek pendapatan rutin, dan kualitas hidup mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com