Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Beri 5 Arahan Hadapi Perlambatan Ekonomi Dunia

Kompas.com - 26/07/2013, 09:35 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan lima hal penting yang menjadi keputusan Sidang Kabinet Paripurna.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan lima arahan penting presiden tersebut, yaitu, pertama, agar menjaga pertumbuhan dan dalam situasi ekonomi global harus menjaga sisi investasi dan konsumsi domestik.

Tentunya Presiden juga meminta penyerapan APBN dipercepat, sehingga investasi tidak ada hambatan.

“Kita sekarang sedang mempersiapkan sejumlah policy untuk meningkatkan dan memperbaiki iklim investasi kita yang lebih berkompetisi,” kata Hatta seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Kedua, Presiden meminta agar jajaran pemerintah mengontrol inflasi dan menjaga harga bahan pangan pokok terutama yang sangat memberikan pengaruh besar pada masyarakat miskin dan tentu juga setengah miskin.

Ketiga, menjaga agar industri-industri tidak mengalami hambatan, agar tenaga kerja tetap terserap dengan baik, terutama hal-hal yang berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan.

Keempat, jaring pengaman sosial harus tepat waktu dan sasaran. Program-program perlindungan sosial ini mencapai lebih dari Rp 20 triliun yang lebih harus tepat sasaran dan tepat waktu untuk disalurkan sehingga memberikan dampak untuk menjaga masyarakat miskin dan setengah miskin agar mereka tidak kehilangan daya belinya.

Kelima, yang terpenting lanjut Hatta, Presiden meminta ada satu sesi khusus untuk mengevaluasi kebijakan di sektor pertanian, termasuk di dalamnya hal yang berkaitan dengan tata niaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com