Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: 2014, Perekonomian Dunia Membaik

Kompas.com - 22/08/2013, 13:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2014 mendatang perekonomian dunia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan. Tahun depan pertumbuhan ekonomi dunia akan mencapai 3,8 persen. Pertumbuhan ekonomi dunia terlihat pada negara-negara Asia Timur yang menggantungkan diri pada pertumbuhan yang terjadi di China.

"Jepang berusaha mendorong inflasi agar mencapai level 2 persen. China mencapai tren normal pertumbuhan ekonomi mereka, yaitu 7 persen," kata ekonom OCBC Bank Singapore Gundy Cahyadi dalam Market Outlook di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Gundy mengatakan, perekonomian dunia diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,8 persen.

Sementara itu, lanjutnya, pada tahun 2013 ini perekonomian dunia akan mencapai angka 3,1 persen. Perekonomian Amerika Serikat (AS) menurut Gundy mengalami perbaikan karena kebijakan quantitative easing yang dikeluarkan oleh the Fed.

Namun dunia masih harus mengawasi utang AS yang masih tinggi. Jika the Fed menghentikan kebijakan quantative easing, Gundy melihat penguatan dollar AS akan terus terjadi.

Sementara itu, Zona Eropa menurut Gundy telah menunjukkan tanda-tanda positif adanya pertumbuhan. Meskipun demikian, tingkat pengangguran yang masih cukup tinggi di beberapa negara Zona Eropa menunjukkan perbaikan ekonomi yang belum cukup baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com