Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Sido Muncul Tetap Manual, Ini Alasannya

Kompas.com - 18/02/2014, 15:01 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Sido Muncul Tbk (SIDO) hingga Februari 2014 telah menyerap sebanyak 4.000 orang tenaga kerja. Jumlah tenaga kerja itu terbilang besar karena perusahaan menggunakan proses produksi dengan sistem manual.

Supartoko, public relation pabrik SIDO mengatakan, pihaknya bukan tak bisa menggunakan teknologi canggih, namun perseroan sengaja memilih tenaga manusia agar bisa membuka lapangan kerja. "Ini juga permintaan pemerintah daerah dan masyarakat, agar Sido Muncul menyerap tenaga kerja," ujar Supartoko di Pabrik Sido Muncul Semarang, Selasa (18/2/2014).

Menurut Supartoko, penciptaan peluang kerja merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perseroan untuk memberikan sumber penghidupan bagi masyarakat di Semarang. Kendati menggunakan proses manual, namun Supartoko bilang, perseroan tetap mengutamakan efisiensi.

"Namun memang tidak seefisien dengan menggunakan mesin," ujarnya. Ada beberapa proses efisiensi yang sudah dilakukan perusahaan, yakni dengan memberikan target kinerja kepada setiap karyawan. Jika target tercapai, maka karyawan tersebut akan diberikan insentif. "Itu caranya agar tetap efisien meski pakai proses manual," kata dia. (Dina Mirayanti Hutauruk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com