Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi Pelemahan, Rupiah Kembali Tembus Rp 11.800 Per Dollar AS

Kompas.com - 16/06/2014, 09:47 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pelemahan nilai masih membayangi pergerakan rupiah memasuki pekan ketiga di bulan Juni, Senin (16/6/2014). Dollar AS masih kuat di tengah data ekonomi baru yang ditunggu awal pekan ini.

Di pasar spot, seperti dikutip Bloomberg, rupiah dibuka melemah ke posisi Rp 11.797,5 per dollar AS, dibanding penutupan kemarin pada 11.795,8. RUpiah bahkan terus melorot, hingga menembus kembali kisaran 11.800. Sekitar pukul 09.00 WIB, rupiah melemah 0,16 persen menjadi Rp 11.815 per dollar AS.

Indeks Sentimen Konsumen AS yang memburuk membuat penguatan dollar AS tidak sehebat di awal pekan lalu. Namun, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, pelemahan euro yang masih berlanjut berhasil mendorong kenaikan tipis dollar index. Sore ini data inflasi Zona Eropa ditunggu; angka yang lebih rendah berpeluang mendorong pelemahan tajam euro. Data utilisasi produksi AS juga ditunggu malam ini dan diperkirakan membaik.

Di tengah kenaikan harga minyak, rupiah yang sempat menguat di sesi pagi akhirnya melemah bersama-sama dengan mata uang Asia lainnya hingga Jumat (13/6/2014) sore walaupun hanya tipis. Rupiah ada di level Rp 11.790 per dollar AS.

"Selain membaiknya data AS dan pelemahan euro, kisruh geopolitik di Irak berpeluang menambah faktor pelemahan rupiah hari ini," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com