Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero Wacik: Konversi Sudah BBM Jalan, Tetapi..

Kompas.com - 15/08/2014, 13:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengklaim program konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas sebetulnya berjalan. Hanya saja tidak berjalan mulus.

"Konversi jalan tapi tidak mulus. Konversi ke gas sudah mulai. Konverter kit harus dipakai dulu," imbuh Jero ditemui wartawan usai Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Jero menambahkan, agar program ini berjalan mulus, memang dibutuhkan pengorbanan semua pihak. Dia menegaskan, ke depan, lapangan kerja tetap harus tumbuh. "Maka, menyediakan BBM-nya yang berat. Makanya semua harus dibenahi," ujar politisi Demokrat itu.

Sementara itu, mengenai subsidi BBM yang membebani APBN, Jero memastikan hal tersebut harus dikurangi. Namun, berapa jumlah yang bisa dikurangi harus didiskusikan terlebih dahulu dengan DPR.

"Dulu kan kita maunya naikin harga BBM tapi sulit, tidak disetujui DPR. 2014 juga enggak boleh. Kalau subsidi dikurangi ya harus pelan-pelan," imbuh Jero.

Tahun ini parlemen telah menyetujui pengurangan bbm menjadi 46 juta kiloliter dalam APBN Perubahan 2014. Namun menurut Jero, tahun depan diperlukan bbm bersubsidi setidaknya 48 juta kiloliter.

"Tahun ini 46 juta kiloliter saja berat. Kalau tahun depan (harapannya) 48 juta kiloliter, kira-kira," kata Jero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com