Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Changi, Kualanamu Disulap jadi Bandara Transit Intenasional

Kompas.com - 12/09/2014, 14:05 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) berencana menjadikan Bandara Kualanamu Sumatera Utara sebagai bandara transit internasional. Dengan begitu maka Kualanamu akan menjadi pesaing Bandari Changi Singapura yang saat ini masih menjadi bandara transit di kawasan Asia Tenggara.

"Kita jadikan Kualanamu jadi transit penerbangan internasinal, seperti changi," ujar Direktur Keuangan AP II Lourensius Manurung di Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Dia menjelaskan, rencana tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan yang akan menguntungkan secara bisnis. Pertama, Kualanamu memiliki fasilitas yang tidak kalah dari Bandara Changi. Artinya, secara fasilitas, Kualanamu siap menyaingi Changi.

Kedua, dengan transit di Kualanamu maka airlines bisa menghemat biayanya karena biaya operasional akan jauh lebih murah dibandingkan transit di Changi. "Dari sisi biaya menghemat 10-15 persen karena bisa langsung, kalau di Changi harus muter-muter," kata dia.

Dengan begitu, dia pun berharap Bandara Kualanamu tidak hanya menjadi tujuan dalam negeri tetapi menjadi perhatian industri penerbangan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com