Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Mencoba Naik Sebelum Libur Natal

Kompas.com - 24/12/2014, 08:11 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan masih bergerak variatif dengan potensi penguatan, Rabu (24/12/2014). Minimnya transaksi menjelang hari libur Natal dapat membatasi pergerakan indeks.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan reli dan bahkan mencetak rekor tertingginya. Ini merupakan respon langsung atas optimisme investor terhadap negeri Paman Sam itu. Indeks Dow Jones Industrial Average naik sekitar 0,36 persen dan indeks S&P500 naik sebesar 0,17 persen pada penutupan perdagangan semalam waktu Indonesia.

Dari pasar Asia, pergerakan indeks saham utama juga mengalami kenaikan. Indeks Nikkei 225 (Jepang) menguat hingga 1,09 persen sedangkan indeks KOSPI Composite (Korea Selatan) naik tipis 0,07 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas justru terkoreksi.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) memastikan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kini sudah stabil. Bank sentral yakin gerak rupiah akan relatif terjaga hingga akhir tahun ini. Di sisi lain, setelah sempat terkoreksi cukup dalam, pasar surat utang juga mulai kembali pulih.

Stabilnya nilai tukar rupiah dan pembelian surat utang oleh bank sentral pada beberapa hari terakhir menjadi sentimen utama penguatan pasar surat utang domestik.

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG cenderung bergerak variatif dan berpotensi menguat terbatas. Pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak di kisaran support 5.125 dan resistance 5.162. Beberapa rekomendasi saham berdasarkan analisis teknikal yang dapat dikoleksi di antaranya BBRI, ADHI, AKRA, ASII dan TLKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com