Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Danamon Peduli Resmikan Program Pasar SEJAHTERA di Lampung

Kompas.com - 16/03/2015, 12:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Danamon Peduli menggelar Festival Pasar Rakyat dan meresmikan meresmikan Unit Percontohan Program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) di Pasar Tejoagung, Kota Metro, Lampung.

“Festival Pasar Rakyat dan peresmian Unit Percontohan Pasar SEJAHTERA di Pasar Tejoagung merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk merevitalisasi pasar tradisional dengan memberdayakan pelaku pasar dan berkerja sama dengan Pemerintah dan otoritas setempat. Skema public-private partnership ini menjamin kesinambungan dari program ini,” ujar Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi dalam siaran pers, Senin (16/3/2015).

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar SEJAHTERA dengan fokus pelaksanaan program pada revitalisasi fisik pasar dan revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi untuk peningkatan kesadaran perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Saat ini terdapat sembilan pasar percontohan Pasar SEJAHTERA, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada Pemerintah setempat.

Memasuki tahun ke-5 perjalanan program Pasar SEJAHTERA, Danamon Peduli mengambil langkah strategis dalam pengembangan fokus pelaksanaan program, yaitu pada aspek promosi. Kegiatan promosi mendorong pasar rakyat mampu bersaing dengan pasar ritel modern yang diharapkan dapat memenangkan hati masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com