Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Air Bag" Cacat, Jutaan Mobil Kena "Recall"

Kompas.com - 14/05/2015, 13:13 WIB


TOKYO, KOMPAS.com -
Jutaan mobil dari seluruh dunia akan ditarik (recall) karena menggunakan kantong keselamatan (air bag) buatan Takata Corp. Kantong udara tersebut dianggap cacat sehingga membahayakan keselamatan penumpang kendaraan. Kantong udara itu tidak mengembang sebagaimana mestinya saat kecelakaan terjadi.

Toyota Motor Corp. akan me-recall sekitar 5 juta mobil dari 35 model yang diproduksi antara Maret 2003 hingga November 2007. Toyota akan menggantikan kantong keselamatan buatan Takata dengan buatan Daicel Corp. Selama ini, Toyota tidak tahu kalau kantong tersebut menyebabkan cedera dan kematian bagi pengendaraanya.

Sementara Nissan Motor Co. akan me-recall 1,56 juta unit produknya. Nissan akan menarik produk buatan antara 2004 hingga 2007. Mereka akan mengganti kantong udara tersebut.

Honda Motor Co. sedang bersiap-siap menambah jumlah produk yang di-recall karena memakai kantong udara buatan Takata. Juru bicara Honda Yuka Abe mengaku pihaknya sudah menarik 14,4 juta unit mobil yang memakai kantong udara Takata hingga hari ini, Kamis (14/5/2015).

Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat sedang mengusut produk buatan Takata ini. Takata juga sudah menyewa Fraunhofer Society menyelidiki penyebab sobeknya kantong keselamatan tersebut.

Produsen komponen kendaraan asal Jepang ini mengaku belum mengetahui berapa denda yang akan dijatuhkan kepada mereka. Yang jelas, hingga penutupan perdagangan hari ini, harga saham Takata telah menurun 1,6 persen akibat berita ini. (Edy Can)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com