Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Rendah, Wapres Klaim Pemerintah Berhasil Stabilkan Harga

Kompas.com - 03/08/2015, 23:11 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim rendahnya inflasi bulan Juli 2015 merupakan keberhasilan pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok. Kalla menyebut tidak ada bahan pokok yang harganya melonjak naik pada Ramadhan Juli lalu.

"Kan pemerintah berhasil menstabilkan harga-harga, kemarin di bulan puasa dan Lebaran kan tidak ada harga yang melonjak naik kan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (3/8/2015).

Secara terpisah, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menyampaikan hal senada. Ia menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya, termasuk memperkuat Tim Pengendalian Inflaasi Daerah (TPID) dalam menekan laju inflasi. Pemerintah juga dikatakannya melakukan kontrol ketat terhadap kondisi harga di daerah serta melakukan pengawasan arus barang.

"Inflasi pada lebaran tahun ini termasuk alhamdulillah. Artinya upaya itu semua sudah mulai memberikan dampak positif," ujar Sofyan.

Meskipun demikian, ia menyampaikan bahwa pemerintah tetap mengantisipasi kemungkinan El Nino yang melanda sebagian wilayah Indonesia mempengaruhi tingkat inflasi. Dalam pekan ini, Sofyan menyampaikan bahwa pemerintah akan menentukan perlu tidaknya melakukan impor beras.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi bulan Juli 2015 mencapai  0,93 persen. Sementara inflasi tahun kalender tercatat 1,90 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 7,26 persen. Angka inflasi bulan ini lebih rendah dari prediksi Bank Indonesia. Sebelumnya BI memprediksi inflasi pada Juli bisa di atas 1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com