Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Usahakan 1 Juta Nelayan Dapat Asuransi Keselamatan Jiwa

Kompas.com - 15/01/2016, 14:07 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan pihaknya sedang mengusahakan agar sekitar 1 juta nelayan di pesisir bisa mendapatkan asuransi gratis.

Asuransi yang ditujukan untuk melindungi para Nelayan itu meliputi asuransi jiwa, asuransi pendidikan anak dan asuransi personal accident.

"Dengan anggaran tahun 2016, kita sediakan Rp 250 miliar untuk asuransi para nelayan. Tapi bukan untuk ABK kapal ya, karena itu tanggung jawab pemilik kapal," ujar Susi di Jakarta (15/1/2016).

Menurut dia, asuransi ini nanti ditujukan untuk para nelayan-nelayan yang memiliki perahu kecil sendiri. Nelayan tersebut nantinya tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun misalnya untuk pembiayaan premi. "Subsidi penuh dari APBN," ujar Susi.

Susi menyatakan program ini akan dijalankan secepatnya. Pihaknya kini masih dalam proses negosiasi.

"Kami usahakan minimal 1 juta nelayan dapat asuransi. Tapi lagi negosiasi agar bisa lebih dari 1 juta nelayan," ujar dia.

Sampai saat ini tender perusahaan asuransi untuk nelayan belum dilakukan. Program ini juga membuka kungkinan kerjasama dengan perusahaan swasta.

"Pokoknya kami pilih yang termurah dan terbaik. Tapi kita akan lebih senang jika diberikan ke BUMN," pungkas Susi.

Rencana asuransi untuk 1 juta nelayan ini dilontarkan suci untuk menjawab pertanyaan wartawan soal persiapan menjelang La Nina.

Seperti yang diberitakan, tahun ini La Nina diprediksi akan membuat angin laut yang cukup kencang. Namun, di saat yang sama La Nina ini juga akan mengundang banyak ikan tuna untuk masuk ke perairan Indonesia.

(Baca: La Nina, Perairan Indonesia Akan Dibanjiri Tuna)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com