Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadir di Special ASEAN-US Summit, Indonesia Siap Bahas "Digital Economy"

Kompas.com - 16/02/2016, 06:27 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pertemuan Special ASEAN-US Summit, pemerintah Indonesia mempertegas sikap tentang kekuatan digital economy yang bermanfaat dalam mengembangkan ekonomi nasional, terutama UMKM.

Acara Special ASEAN-US Summit dilaksanakan pada 15-16 Februari 2016 di Sunnylands, Palmspring California, AS. Acara ini mempertemukan para Kepala Negara/Pemerintahan di ASEAN dengan Amerika Serikat (AS).

Dalam acara ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong akan mendampingi Presiden Joko Widodo.

Menurut Mendag Thomas, pada hari pertama Summit ini, para Kepala Negara akan fokus pada pembahasan pada isu ekonomi, terutama akses terhadap teknologi dan digital economy yang membantu meningkatkan kemampuan dan daya saing UMKM ASEAN.

Bagi Indonesia, hal ini merupakan salah satu fokus pembangunan ekonomi dalam upaya meningkatkan kontribusi UKM ke Produk Domestik Bruto (PDB)," jelas Mendag, melalui rilis pers ke KOMPAS.com, Senin (15/02/2016).

ASEAN mendorong peningkatan kerja sama ekonomi di bidang mikro dan usaha kecil menengah, serta promosi kewirausahaan dan inovasi, termasuk pengembangan digital economy di kawasan ASEAN.

Mendag Thomas juga akan mengikuti pertemuan AEM-USTR (ASEAN Economic Ministers/United States Trade Representative) Consultations pada 17 Februari 2016.

Kemudian, dilanjutkan dengan roadshow para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) di San Francisco, AS hingga 18 Februari 2016.

Roadshow ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan para Menteri Ekonomi ASEAN. Sebelumnya, roadshow dilakukan pada 2010 dan 2012.

"Roadshow tahun ini untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai pusat ekonomi Asia terdepan dan kunci mitra ekonomi AS," ujar Mendag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com