Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2016, 17:34 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

 

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Provinsi Lampung kini memiliki pabrik biodiesel yang dikelola oleh PT Louis Dreyfus Company (LDC). Pabrik ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta KM 10 Kecamatan Way Lunik, Panjang, Bandar Lampung dengan luas areal 15.000 hektare.

Menurut Direktur Utama LDC Imran Nasrullah pada Rabu (6/4/2016) perusahaan tersebut sebenarnya telah beroperasi sejak  2014 lalu dengan jumlah pekerja 100 karyawan. "Kapasitas produksi tahunan pabrik ini mencapai 420.000 ton biodiesel dan 50.000 ton clycerin mentah dengan menggunakan bahan baku kelapa sawit," kata dia.

LDC juga mengoperasikan fasilitas penimbunan dan pelabuhan dengan kapasitas 107.000 ton dan mengoperasikan enam jalur pipa yang mampu memompa produk dari kilang minyak. "Biodiesel yang kami produksi didistribusikan ke PT Pertamina yang mana sesuai dengan aturan pemerintah tahun 2016 ini sekitar 20 persen solar mendapat campuran biodesel sebagai komitmen pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca," katanya lagi.

Pihaknya, imbuh Imran, bangga karena kehadiran pabrik di Lampung, salah satunya, dapat mendukung kemajuan masyarakat Lampung khususnya. Masih kata Nasrullah bahwa 70 persen pemenuhan bahan baku dipasok langsung dari petani sawit di Lampung sedangkan sisanya dipenuhi dari provinsi lain seperti Kalimantan, Sumatera Selatan, Bengkulu dan lainnya. Ia menjelaskan berdirinya pabrik biodiesel di Lampung memiliki nilai investasi sebesar 30 juta dollar Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com