Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Cenderung Melemah Hari Ini

Kompas.com - 20/05/2016, 09:09 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2016), rupiah diperkirakan akan bergerak dikisaran 13.375-13.625 dengan kecenderungan melemah, menurut analisis PT Bahana Securities.

Sebelumnya pada perdagangan Kamis (19/5/2016), rupiah ditutup melemah ke level 13.565.

Rupiah melemah akibat komentar The Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat (AS) yang akan menaikkan suku bunga acuan di Juni.

Hasil rapat Federal Open Meeting Committee (FOMC) yang digelar bank sentral AS, Federal Reserve, menunjukkan adanya kemungkinan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate (FFR).

Kenaikan FFR diyakini akan dilakukan pada bulan Juni 2016, dan diprediksi dilakukan dua kali dalam tahun ini.

Faktor lain berasal dari semakin tingginya diskusi terkait kemungkinan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa atau Brexit.

Selain itu, stok bahan bakar minyak (BBM) di AS juga sedikit turun, yang akhirnya turut menyebabkan gejolak dan volatilitas.

Dari dalam negeri, rupiah melemah akibat jebloknya kinerje perbankan yang mencatatkan kenaikan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL).

Kompas TV Rupiah Melemah, Laba Indofood Turun


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com