Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Semua Kementerian Harus Bersinergi Kembangkan UMKM

Kompas.com - 01/06/2016, 06:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

Kompas TV Rencana Diskon Pajak Untuk UKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin kerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sektor UMKM dan koperasi agar bisa bertaraf nasional dan internasional dan lebih berdaya saing di era pasar bebas.

Menurut Kadin, seluruh kementerian dan lembaga harus bersinergi dalam sebuah program untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

"Termasuk sinergi program dengan Kadin di seluruh Indonesia", kata Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM Prakoso BS pada pertemuan pengurus Kadin Indonesia bidang UMKM dan Koperasi dengan Kadin Provinsi seluruh Indonesia dan Asosiasi, di Jakarta, Selasa (31/05/2016).

Untuk itu, semua pihak harus duduk bersama untuk membahas roadmap pengembangan UMKM di Indonesia, baik dalam skala regional ataupun sektoral.

"Dengan program sinergi itu, saya yakin program kami untuk menaikkan kelas sektor mikro ke kecil dan kecil ke menengah, bisa tercapai. Bahkan, dalam tiga tahun ke depan, saya optimis jumlah wirausaha kita bisa mencapai level 5 persen", tandas Prakoso.

Sedangkan terkait pembiayaan, kata Prakoso, selain melalui kredit usaha rakyat (KUR), Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM harus menjadi garda terdepan dalam mengembangkan kinerja UMKM di seluruh Indonesia.

"Dalam hal ini, LPDB harus mempunyai skim pembiayaan tersendiri bagi UMKM di level bawah", imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com