Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Indonesia Prediksi Tekanan Kenaikan Harga Melambat pada Agustus 2016

Kompas.com - 08/06/2016, 17:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen mengindikasikan konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada Agustus 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang tercatat turun 2,7 poin menjadi 171,3.

"Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan kembali normalnya permintaan pasca-hari raya Idul Fitri," tulis bank sentral dalam keterangan resmi, Rabu (8/6/2016).

Sementara itu, untuk kondisi enam bulan mendatang, yakni November 2016, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, posisi pinjaman enam bulan mendatang juga diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Survei pun menunjukkan, optimisme konsumen pada Mei 2016 meningkat dari bulan sebelumnya.

Hal tersebut tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2016 yang tercatat sebesar 112,1, meningkat 3,1 poin dari bulan sebelumnya.

"Peningkatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini yang tercatat naik masing-masing sebesar 4,5 dan 1,8 poin," ujar BI.

Kompas TV Harga Sembako di Kendal Melonjak
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com