Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Asia Naik Seiring Berkurangnya Kekhawatiran "Brexit"

Kompas.com - 20/06/2016, 08:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Saham Asia naik pada perdagangan di awal Senin seiring naiknya ekspektasi Inggris tetap di Uni Eropa, yang mengurangi sentimen kekhawatiran global dan meningkatkan pound dibanding mata uang lain.

Indeks MSCI Asia Pasifik untuk saham di luar Jepang naik 0,4 persen. Sementara indeks Nikkei 225 naik 1,5 persen, dibantu penurunan yen. Saham Australia naik 0,3 persen dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1 persen.

Tiga situs polling Inggris terakhir menunjukkan bahwa pilihan ke tetap di Uni Eropa meningkat.

Pasar global terkena sentimen Brexit pada 23  Juni, lalu terjadi suspensi kampanye seiring pembunuhan pada politisi pendukung Inggris tetap di Uni Eropa, Jo Cox.

"Sejujurnya, pembunuhan politisi Inggris jo Cox menjadi retorik pada kampanye dua pendapat. Tapi pasar akan tetap bergerakn diantara dua pendapat tersebut dan polling opini akan terus berlanjut," tulis ANZ.

Pound naik 1,4 persen ke level 1.4573 dollar AS per 1 GBP. Sementara safe haven yen turun setekah mencapai kenaikan selama 22 bulan.

Dollar naik 0,5 persen ke 104.650 yen. Euro naik 0,5 persen ke level 1.1336 dollar AS per 1 euro.

Kompas TV Infografis: Apa itu Brexit?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com