Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Makin Minim, Perluasan Area Pertanian di Jawa Barat Terhambat

Kompas.com - 20/07/2016, 18:43 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Peningkatan luas tambah tanam (LTT) di Jawa Barat (Jabar) masih terbentur area lahan yang kian terbatas. Di Kabupaten Bandung, misalnya, lahan mulai tergerus kebutuhan pembangunan.

"Bandung ini kan dekat dengan Jakarta. Pembangunan banyak sekali pasti," kata Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini, dalam acara Gerakan Peningkatan Luas Tambah Tanam dan Serap Gabah Petani di Kutawaringin, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/7/2016).

Hal tersebut turut diamini petani setempat, Oha (60). Ia mengatakan banyak lahan dijual warga kepada pengembang untuk dibangun perumahan.

"Sekarang sudah jarang petani punya tanah sendiri," kata Oha.

Meski demikian, pemerintah tetap menargetkan Jabar menambah lahan tanam lebih kurang 2,1 juta hektar tahun ini. Dari target tersebut, ujar Banun, sudah tercapai sekitar 900.000 hentar.

"Kami distribusikan (LTT) ke 11 kabupaten. Kabupaten ini masih bisa punya lahan kering (untuk dikembangkan menjadi lahan padi). Kan walau pun musim kemarau tapi kemaraunya basah (el nina)," kata Binun.

Selain lewat penambahan lahan baru, produksi panen juga terus didorong untuk mengejar target LTT. Diharapkan, lahan di Jabar dapat melakukan panen tiga kali tahun ini.

"Batasnya kan sampai penanaman September. Makanya masih kami borong terus di bulan Juli. Kami adakan percepatan, lahan yang sudah panen segera bisa didorong lagi," tutur Binun.

Oha pun menganggap target tersebut kemungkinan bisa direalisasikan.

"Tahun ini baru dua kali panen. Hari ini mau panen. Habis panen paling tunggu seminggu baru bisa tanam lagi," kata Oha.

Namun, kebutuhan air untuk pertanian wajib terpenuhi agar lahan bisa ditanami. Saluran irigasi, Oha mengakui, sering terkena longsor—walau jumlah air di hulu memadai—sehingga lahan jadi kering.

"Akhirnya kami harus tunggu (untuk menanam) dulu. Jalur irigasi memang baru setengah yang dibeton," ucapnya.

Mengatasi hambatan di atas, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan pemerintah setempat telah menargetkan pembangunan irigasi seluas 450.000 hektar tahun ini. Perbaikan juga akan dilakukan di 350.000 hektar lahan irigasi.

"Kami juga mengajak TNI untuk membersihkan saluran irigasi sekunder yang diairi waduk Jatigede supaya efektif menampung air," kata Banun.

Bendungan Jatigede saat ini masih dalam proses pembangunan dan belum beroperasi secara optimal. Setelah rampung, waduk ini diharapkan bisa mengairi lahan di beberapa wilayah di Kabupaten Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon, Karawang, dan Subang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com